World Franchise Summit Indonesia
Uncategorized
26 Desember 2024
World Franchise Summit Indonesia (WFSI) 2016 akan digelar pada 22 hingga 27 November 2017 di Jakarta. Acara yang melibatkan 46 negara itu akan menjadi salah satu moment untuk unjuk gigi bagi waralaba nasional.
Kementrian Perdagangan meminta wirausahawan terus menumbuh kembangkan waralaba di tingkat nasional, regional dan bahkan dunia. Mengingat bisnis waralaba telah menjadi salah satu model strategi pengembangan usaha bagi pelaku usaha terutama para pemula. Waralaba juga telah terbukti mampu menciptakan dan menumbuhkan wirausahawan baru, membuka lapangan pekerjaan dan promosi merek di pasar dunia Demikian penegasan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan, pada konferensi Pers penyelenggaraan WFSI 2016, di kantornya di Jakarta beberapa waktu lalu. Melalui WFSI 2016, Kemendag turut berpartisipasi dalam Indonesia Franchise and SME Expo. Di mana pada acara tersebut akan tampil para pelaku usaha binaan waralaba Kemendag.
“Salah satu peluang pengembangan kewirausahaan yang menjajikan adalah melalui sistem usaha waralaba. Melalui kewirausahaan, diharapkan aktifitas ekonomi tidak lagi bertumpu pada esploitasi yang berbasis pada sumber daya alam, tetapi menciptakan wirausahawan baru yang mengubah pola pikir masyarakat dari pencari lapangan kerja. ” kata oke. Diketahui, WFSI 2016 dirancang oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) sebagai pertemuan tahunan World Franchise Council (APFC) yang tahun ini diadakan di Indonesia. WFC and APFC merupakan perhimpunan nonprofit yang beranggotakan 46 asosiasi waralaba dari negara-negara maju dan berkembang. Pada pertemuan tahunannya, para anggota akan membahas isu-isu dan kebijakan terkait waralaba dan perkembangannya. Oke mengharapkan, WFSI dapat menciptakan multiplayer effect sehingga mampu menggairahkan waralaba Indonesia, mendorong penciptaan wirausahawan, dan membuka lapangan kerja baru.
Acara tersebut juga digunakan sebagai ajang promosi produk waralaba dan produk Indonesia “Ini menjadi kesempatan untuk berpromosi karena akan dihadiri 46 negara dan pelaku usaha waralaba yang berminat untuk bkerja sama,” papar Oke. Ia melanjutkan, perintah dapat menunjukkan kepada masyarakat Indonesia dan dunia tentang perkembangan usaha-usaha waralaba Indonesia. “Kita harus bangga ternyata waralaba kita juga perlu banyak dan dikenal dunia. Kita juga perlu menunjukkan pada perwakilan negara-negara yang hadir bahwa negara kita sangat kaya dengan aneka ragam budaya dan warisan besar dunia,” tambahnya. Pada acara tersebut, Kemendag juga akan memberikan Penghargaan Waralaba Indonesia (PWI). Penghargaan tersebut untuk mengapresiasi pelaku usaha waralaba dan business opportunity (BO) Indonesia. Penghargaan dikelompokkan dalam lima kategori yaitu Waralaba Pratama, Waralaba Utama, Penerima Waralaba, Waralaba Global Indonesia, dana Waralaba Mancanegara.
Tiga tahapan pelaksanaan PWI, pertama sosialisasi dan pendaftaran atau penjaringan, evaluasi dan penjurian final.
“Saat itu kegitan PWI telah mamlalui tahapan pertama yang dilakukan di delapan lokasi yaitu Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Denpasar, Palembang, dan Banjarmasin. Seleksi dilakukan pada pelaku usaha waralaba mancanegara,” kata Direktur Binus Kemendag, Fetnayeti.
Hingga saat ini, telah terjaring sebanyak 298 usaha BO dan waralaba baik lokal maupun mancanegara.
Berdasarkan seleksi tahap awal PWI, telah ada 15 pelaku usaha untuk kategori Waralaba Mancanegara setelah dilakukan sosialisasi dan pembukaan pendaftaran hanya 6 pelaku usaha mancanegara yang mendaftar untuk berpartisipasi yaitu Berlitz, H&M, Kentucky Fried Chicken, McDonald’s, Pink Parlour, dan Roto Rooter.
Untuk katergori Waralaba Pratama, yang masuk daftar nominator adalah, Klinikita Klinik Kesehatan Indonesia, Bakso Alex, Bambu Spa, Bakso Benhil, Waroeng Mee, Bebek Rabek, Bebek Asap Balcon, Heerlijks Cafe, Yagami Ramen House, Bimbel Tiki Taka, Coolio Barbershop, Bebek Pak Joss, Gerobak Ramen, Be Happy White Cincau, Jocelyns Perfume Boutique.
Kategori Waralaba Utama, Apotek K24, Double Dipps, Simply Fresh Laundry, Amazy Fried Chicken, Bakmi Naga Resto, Nakamura, Super Bimbel GSC, Indomaret, Alfamart, Melia Laundry, Air Minum Biru, Excelso, Origamii, Shop & Drive, Es Teler 77, Anemone, Coffee Toffe, Mie Kota Batavia, Tirta Ayu Soa, TX Travel, Kebab Turki Baba Rafi, Royal Garden Spa, Waroeng Sehat, Coffeezone, Bebek Garang, Apotek, Griya Farma, D’Penyetz, Bimbel Tangking, Crispyku, Oto Bento, Martha Tilaar Salon Day Spa, Kaizen, Carvil, Quick Chicken, Zara Salon Muslimah.