Sudah Aware dengan Branding Sejak Berdiri
Berita
01 Juni 2017
Liputan Khusus “Majalah Info Franchise” – edisi Juni 2017 halaman 60-61
Sejak pertamakali berdiri Depo Air Minum Biru sudah aware dengan branding. Merek ini pun selalu konsisten melakukan kampanye marketing. Tahun ini kembali meraih penghargaan sebagai jawara marketing di industri franchise.
Saat ini gerai Depo Air Minum Biru memiliki hampir menyentuh 300 gerai. Jumlah angka yang fantastis untuk bisnis air minum isi ulang yang investasinya tidak sedikit. Hebatnya lagi, tidak ada pesaing sejenis di industri franchise mampu untuk sekedar mendekati setengah dari jumlah gerainya. Jangankan untuk mendekati penguasaan pasar Biru. Untuk bertahan saja, pesaingnya malah kesulitan. Tidak jarang jika banyak yang timbul tenggelam di sektor bisnis ini. Jika tidak memiliki konsep bisnis dan kampanye marketing yang konsisten jangan harap bisa bertahan. Waralaba asal Surabaya yang berdiri pada 22 Mei 2002, ini sudah melakukan kampanye marketing sejak meluncurkan peluang franchisenya pada Oktober 2006. Di November 2006 langsung mengikuti event franchise expo di Jakarta.
Dalam kedua event tersebut diselenggarakan seminar publik memperkenalkan konsep Franchise Biru kepada masyarakat. President Director dari PT Biru Semesta Abadi, Ir. Yantje Wongso, MBA menyadari bahwa informasi kepada pelanggan sudah mencapai tahapan sangat “cluttered” saat ini, karena banyak sekali sehingga cenderung membingungkan dan menurunkan perhatian dari prospek untuk mendapatkan informasi yang banyak. Karena itu, BIRU pun meramu berbagai marketing campaign secara terintegrasi dengan menggunakan berbagai saluran komunikasi yang dinilai efektif. Biru melihat bahwa untuk mengatasi informasi yang “cluttered”, yang paling utama adalah diferensiasi dan bagaimana diferensiasi itu menciptakan daya tarik/pull dan hadir di benak pelanggan sebagai top of mind.
Diantara kegiatan marketing campaign yang dilakukan Biru antara lain, setiap gerai Biru menggunakan billboard atau baliho, spanduk, poster, x-banner, pamflet/brosur, bahkan dalam event promosi juga menggunakan pengeras suara (woro-woro). Konsistensi tampak bangunan juga merupakan komunikasi yang terintregasi untuk menampilkan keunikan dan ciri-ciri yang khas bagi pengenalan oleh pelanggan. Di media massa, Biru menggunakan Majalah Info Franchise Indonesia untuk beriklan secara rutin sejak 2006, iklan koran di berbagai kota besar. Sementara di pameran, Biru ikut pameran yang khusus diselenggarakan untuk usaha franchise. Kehadiran Biru di pameran franchise dijaga konsistensinya sehingga prospek franchisee melihat terus kehadiran Franchise Biru dan mengikuti perkembangan dari waktu ke waktu. Begitu juga digital marketingnya.
Biru hadir dengan website www.airminumbiru.com, yang telah diperbaharui baik konten maupun teknologinya. Saat ini website Biru sudah mobile-friendly dan responsive sehingga nyaman diakses dengan gadget HP ataupun tablet. Iklan Franchise Biru di online juga terus berlangsung melalui exclusive landing-page di portal plasafranchise.com. Tidak ketinggalan di media sosial. Biru hadir di facebook, instagram, twitter, youtube, whatsapp. Biru memiliki tim khusus yang menangani dan mengelolanya.
Biru juga melibatkan spesialis dalam media sosial untuk campaign yang lebih besar dan lebih intensive dari sisi waktu periode campaign/promosi (fokus).
Selain itu, Franchise Biru juga banyak banyak mengikuti lomba bisnis dan ajang penghargaan usaha, yang selain untuk menguji dan mengukur pencapaian Franchise Biru, juga untuk mendapatkan publikasi/liputan media. “Kegiatan ini juga memperkuat diferensiasi dari usaha Franchise Biru secara positif dan berkelanjutan. Biru juga mendapatkan sertifikasi untuk keandalan manajemen kualitas dengan standar international ISO 9001:2008, serta beberapa Rekor MURI,” bebernya.