Produk yang Didorong Kebutuhan

Inspirasi Biru

13 Januari 2014

MEMBANGUN MEREK PRODUK MURAH BERKUALITAS – bagian 3

Produk yang Didorong Kebutuhan

Latar belakang berdirinya Depo Air Minum Biru menunjukkan adanya kebutuhan masyarakat akan air minum yang sehat berkualitas dengan harga yang murah. Dengan demikian, produk Depo Air Minum Biru adalah produk yang dilandasi oleh dorongan kebutuhan masyarakat.

Setidaknya ada 3 kategori kebutuhan yang menjadi pendorong utama Depo Air Minum Biru dalam mengembangkan usahanya. Pertama, air minum sebagai kebutuhan utama masyarakat. Yang Kedua, kebutuhan akan standar kualitas yang baik, yang dapat diterima oleh semua kelompok ekonomi masyarakat. Dan yang ketiga, kebutuhan akan harga yang murah untuk produk dengan kualitas setara.

Ketiga kebutuhan tersebut menjadi sangat penting untuk diperhatikan dan difasilitasi sehingga dapat menciptakan peluang pasar yang sangat besar dan akan senantiasa tumbuh seiring dengan meningkatnya kebutuhan tersebut. Ketiga kebutuhan tersebut bila dicermati adalah kebutuhan yang bersifat jangka panjang dan laten, sehingga akan menjamin kelangsungan di masa mendatang.

Selain mengakomodasi kebutuhan akan air minum bagi masyarakat, kepuasan pelanggan Depo Air Minum Biru akan kualitas air minum hasil produknya serta kenyamanan pelayanannya juga menjadi faktor kebutuhan tersebut. Untuk mengukur tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat, Depo Air Minum Biru memiliki indicator yang cukup sederhana. Yaitu dengan mengamati setiap orang yang membeli Produknya.

Apabila pelanggan kembali membeli pada hari-hari berikutnya berarti mereka percaya dan puas dengan kualitas dan pelayanan Depo Air Minum Biru. Pasar mempunyai kecerdasan sendiri untuk menguji dan mengenalkan produk serta pelayanan yang berkualitas. Meningkatnya penjualan secara terus menerus menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan yang baik.

Sumber: FRANCHISE BRAND CHAMPIONS (Merek-Merek waralaba dan Business Opportunity Paling Populer di Indonesia) – tahun 2013