Kesempatan, Layanan dan Pasar
Inspirasi Biru
03 Maret 2015
PlasaFranchise.com – Menekuni dunia bisnis lalu menemukan banyak pesaing ternyata tidak membuat Yantje Wongso, CEO PT. Biru Semesta Abadi, merasa gentar. Beliau tidak terlalu memikirkan tentang persaingan. Baginya berbisnis bukanlah sebuah kompetisi, melainkan berbisnis adalah tentang fokus pada kesempatan, fokus pada layanan dan fokus pada pasar.
Berikut penjelasannya, Fokus pada kesempatan, hal ini penting sehingga saat kesempatan datang, kita tidak menunda untuk mengambilnya atau bahkan kita kehilangan untuk mengambil kesempatan tersebut. Lalu, fokus pada layanan, ketika kita bisa membuat pelanggan merasa dihormati layaknya seorang raja berarti kita sudah berada dijalur yang benar. Contoh kecilnya adalah ramah terhadap pelanggan sehingga pelanggan merasa senang dan ingin kembali ke kita. Seperti kata pepatah, ‘pelanggan adalah raja’.
Membuat customer untuk datang kembali ke kita memang susah-susah mudah. Yang terpenting ialah mempunyai produk yang bagus dari segi kualitas serta memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan. Kemudian, fokus terhadap pasar, artinya kita bisa membaca situasi apa yang sedang dinginkan pasar dan apa yang sedang dibutuhkan pasar. Bila kita tidak peka akan hal tersebut, kemungkinan besar kita akan salah dalam mengambil setiap keputusan-keputusan penting.
Contohnya adalah harga yang bersaing, bila kita sudah memiliki kualitas yang baik maka tinggal menentukan harga. Karena jika kualitas yang kita punya sudah terjaga dengan baik dan harga yang kita tawarkan tidak memberatkan customer, dengan begitu pelanggan akan memilih produk kita.
Karena kita menawarkan harga yang murah serta kualitas yang tidak kalah dari para competitor kita.
Jadi kita tidak perlu takut dengan banyaknya kompetitor, yang perlu kita lakukan adalah fokus dengan usaha yang kita jalankan agar bisa berkembang, menekuninya dengan sepenuh hati dan mengedepankan pelanggan.