World Franchise Summit Indonesia

Uncategorized

25 Desember 2024

World Franchise Summit Indonesia (WFSI) 2016 akan digelar pada 22 hingga 27 November 2017 di Jakarta. Acara yang melibatkan 46 negara itu akan menjadi salah satu moment untuk unjuk gigi bagi waralaba nasional.

Kementrian Perdagangan meminta wirausahawan terus menumbuh kembangkan waralaba di tingkat nasional, regional dan bahkan dunia. Mengingat bisnis waralaba telah menjadi salah satu model strategi pengembangan usaha bagi pelaku usaha terutama para pemula. Waralaba juga telah terbukti mampu menciptakan dan menumbuhkan wirausahawan baru, membuka lapangan pekerjaan dan promosi merek di pasar dunia Demikian penegasan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan, pada konferensi Pers penyelenggaraan WFSI 2016, di kantornya di Jakarta beberapa waktu lalu. Melalui WFSI 2016, Kemendag turut berpartisipasi dalam Indonesia Franchise and SME Expo. Di mana pada acara tersebut akan tampil para pelaku usaha binaan waralaba Kemendag.

“Salah satu peluang pengembangan kewirausahaan yang menjajikan adalah melalui sistem usaha waralaba. Melalui kewirausahaan, diharapkan aktifitas ekonomi tidak lagi bertumpu pada esploitasi yang berbasis pada sumber daya alam, tetapi menciptakan wirausahawan baru yang mengubah pola pikir masyarakat dari pencari lapangan kerja. ” kata oke. Diketahui, WFSI 2016 dirancang oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) sebagai pertemuan tahunan World Franchise Council (APFC) yang tahun ini diadakan di Indonesia. WFC and APFC merupakan perhimpunan nonprofit yang beranggotakan 46 asosiasi waralaba dari negara-negara maju dan berkembang. Pada pertemuan tahunannya, para anggota akan membahas isu-isu dan kebijakan terkait waralaba dan perkembangannya. Oke mengharapkan, WFSI dapat menciptakan multiplayer effect sehingga mampu menggairahkan waralaba Indonesia, mendorong penciptaan wirausahawan, dan membuka lapangan kerja baru. 

Acara tersebut juga digunakan sebagai ajang promosi produk waralaba dan produk Indonesia “Ini menjadi kesempatan untuk berpromosi karena akan dihadiri 46 negara dan pelaku usaha waralaba yang berminat untuk bkerja sama,” papar Oke. Ia melanjutkan, perintah dapat menunjukkan kepada masyarakat Indonesia dan dunia tentang perkembangan usaha-usaha waralaba Indonesia. “Kita harus bangga ternyata waralaba kita juga perlu banyak dan dikenal dunia. Kita juga perlu menunjukkan pada perwakilan negara-negara yang hadir bahwa negara kita sangat kaya dengan aneka ragam budaya dan warisan besar dunia,” tambahnya. Pada acara tersebut, Kemendag juga akan memberikan Penghargaan Waralaba Indonesia (PWI). Penghargaan tersebut untuk mengapresiasi pelaku usaha waralaba dan business opportunity (BO) Indonesia. Penghargaan dikelompokkan dalam lima kategori yaitu Waralaba Pratama, Waralaba Utama, Penerima Waralaba, Waralaba Global Indonesia, dana Waralaba Mancanegara. 

Tiga tahapan pelaksanaan PWI, pertama sosialisasi dan pendaftaran atau penjaringan, evaluasi dan penjurian final. “Saat itu kegitan PWI telah mamlalui tahapan pertama yang dilakukan di delapan lokasi yaitu Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Denpasar, Palembang, dan Banjarmasin. Seleksi dilakukan pada pelaku usaha waralaba mancanegara,” kata Direktur Binus Kemendag, Fetnayeti.

Hingga saat ini, telah terjaring sebanyak 298 usaha BO dan waralaba baik lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan seleksi tahap awal PWI, telah ada 15 pelaku usaha untuk kategori Waralaba Mancanegara setelah dilakukan sosialisasi dan pembukaan pendaftaran hanya 6 pelaku usaha mancanegara yang mendaftar untuk berpartisipasi yaitu Berlitz, H&M, Kentucky Fried Chicken, McDonald’s, Pink Parlour, dan Roto Rooter. 

 Untuk katergori Waralaba Pratama, yang masuk daftar nominator adalah, Klinikita Klinik Kesehatan Indonesia, Bakso Alex, Bambu Spa, Bakso Benhil, Waroeng Mee, Bebek Rabek, Bebek Asap Balcon, Heerlijks Cafe, Yagami Ramen House, Bimbel Tiki Taka, Coolio Barbershop, Bebek Pak Joss, Gerobak Ramen, Be Happy White Cincau, Jocelyns Perfume Boutique. 

Kategori Waralaba Utama, Apotek K24, Double Dipps, Simply Fresh Laundry, Amazy Fried Chicken, Bakmi Naga Resto, Nakamura, Super Bimbel GSC, Indomaret, Alfamart, Melia Laundry, Air Minum Biru, Excelso, Origamii, Shop & Drive, Es Teler 77, Anemone, Coffee Toffe, Mie Kota Batavia, Tirta Ayu Soa, TX Travel, Kebab Turki Baba Rafi, Royal Garden Spa, Waroeng Sehat, Coffeezone, Bebek Garang, Apotek, Griya Farma, D’Penyetz, Bimbel Tangking, Crispyku, Oto Bento, Martha Tilaar Salon Day Spa, Kaizen, Carvil, Quick Chicken, Zara Salon Muslimah.

Artikel terkait

Makin Agresif, Franchise Biru Tambah Jaringan Di Kota Tangerang

Hampir semua lini bisnis jadi serba sulit di masa pandemi Covid-19. Namun, Franchise Depo Air Minum Biru semakin berkembang pesat dan terus memperluas jaringan waralabanya. Pada Minggu ...

selengkapnya...

Juarai Monitoring Regional Barat, Gerai Villa Mutiara Gading Cont...

Sebagai upaya untuk menjaga kualitas operasional, Franchise Depo Air Minum Biru rutin mengadakan Monitoring terhadap seluruh Gerai Air Minum Biru. Monitoring yang dilaksanakan pada peri...

selengkapnya...

Produk & Layanan BIRU

Air Minum BIRU - Isi Ulang Depo Air Minum BIRU memberikan layanan pengisian Air Minum BIRU di lokasi gerai yang tersebar di berbagai tempat. Pelanggan datang ke gerai dengan membawa bot...

selengkapnya...

Buka Bareng Anak Panti Asuhan

Dana BIRU berbagi yang telah terkumpul selama 1 tahun kini diwujudkan dalam serangkaian acara bersama anak panti asuhan. Kegiatan sosial tahunan BIRU berbagi 2012 ini bertepatan dengan ...

selengkapnya...

Runner-Up Winner Franchisor of The Year 2012

Kompetisi Bergengsi Indonesia Franchise Award Tanggal 15 Desember 2012 Franchise BIRU memenangkan penghargaan “ Runner-Up Winner Franchisor of the Year 2012 “. Peng...

selengkapnya...

The Winner Most Promising Entrepreneurship Award APEA 2013

Yang kedua kalinya !  Pada hari Sabtu tanggal 13 April 2013, PT. Biru Semesta Abadi dan owner & founder Yantje Wongso menerima penghargaan berskala internasional untuk kali ke...

selengkapnya...

Biru Number One : Biru Merek Franchise Depo Air Minum Terkemuka d...

Tujuh belas tahun berkiprah di bidang franchise depo air minum isi ulang, PT. Biru Semesta Abadi kembali menambah daftar panjang penghargaan internasional yang diperoleh semenjak kehadi...

selengkapnya...

Gerai Baru Air Minum Biru

Mengusung filosofi “Memberikan Kemudahan Hidup Melalui Penyediaan Air Minum yang Sehat, Berkualitas Terbaik, dengan Biaya Ringan” dan dengan mengedepankan teknologi unggulan, franch...

selengkapnya...

Profil Pemberi Waralaba

Usaha Air Minum Biru bermula di Surabaya tgl. 22 Mei 2002 dengan mengusung filosofi "Memberikan Kemudahan Hidup Melalui Penyediaan Air Minum yang Sehat, Berkualitas ...

selengkapnya...

tes ckeditor

werwerafsdf sadfsda fdsafds sda fdfsdf sdfdsf sdaf tes ya sdfsdfsda fasdfsadfadsfmdsalkfmsadlkf ksdf msda fmkasdf sda fsadfsdaf sda fsdafasd fsadfsd f sdafs dd sfsadf sdaf sdf...

selengkapnya...

World Franchise Summit Indonesia

A history is in the making. Indonesia’s first World Franchise Summit – 22-27 Nov 2016, Jakarta Convention Center – Jakarta. Dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo Para delega...

selengkapnya...

TOP of Mind Biru 2010, 2011, 2012

Depo Air Minum Biru Menjadi merek paling populer, dan menduduki rangking pertama di benak konsumen untuk kategori air minum isi ulang. Differensiasi yang kuat dengan teknologi ozon, sys...

selengkapnya...

Entrepreneur of the Year 2013 – Action Coach Internasional

Pada hari Sabtu tanggal 2 Maret 2013, PT. Biru Semesta Abadi dan owner & founder Yantje Wongso menerima penghargaan “ Entrepreneur of the Year 2013 “ dalam forum internasional ...

selengkapnya...

Isi Ulang Galon Berhadiah Mio

Hanya di Depo Air Minum Biru Tak bisa disangkal, air minum isi ulang galon kini menjadi opsi favorit hampir semua rumah tangga di kota-kota besar di Indonesia. Depo Air Minum Biru,...

selengkapnya...

Peresmian Operasional Truk Tangki CV Segar

Pada hari Kamis, 04 Juli 2013 Pimpinan CV Segar Feni Justiani meresmikan operasional truk tangki air 6500 liter.  Launching CV Segar diadakan di rumah makan Sri Pandaan, Pasur...

selengkapnya...

Sehat dengan Air Minum Biru

Teruji Sebelas Tahun Sejak 2002 Kesehatan adalaha hal utama yang harus dijaga. Anda bisa mewujudkan kesehatan memalui pola hidup yang sehat serta dari konsumsi makanan dan minuman yang...

selengkapnya...

Air Minum Biru Juara

Bisnis Unggulan yang diakui dan terbukti Air minum biru, depo air minum isi ulang berasal dari Surabaya memiliki konsep produk air minum yang sekaligus sehat dan berbanderol harga san...

selengkapnya...

Konsep Biru Terbukti Brilian

Air Minum Biru Berdimensi Kemasyarakatan Depo Air Minum Biru menyadari sepenuhnya bahwa air minum yang sehat adalah kebutuhan sehari-hari. Maka, Air Minum Biru harus bisa menjadi bagia...

selengkapnya...

Pelanggan Pertama Biru Water Store di Sacramento California USA

Lima menit setelah Biru Water Store dibuka secara resmi (20/07/2018), seorang ibu sebaya bersama cucu-cucunya datang membeli air minum dengan membawa banyak botol galon. Mereka adalah p...

selengkapnya...

Franchise Biru Untung Jangka Panjang

Bisnis Kebutuhan Pokok Berkualitas Baik Pertanyaan berikut jawabannya jelas. Siapa yang mempunyai rencana berhenti minum air putih dalam beberapa tahun ke depan? Apakah anak cucu And...

selengkapnya...