Kesempatan, Layanan dan Pasar

Inspirasi Biru

03 Maret 2015

PlasaFranchise.com – Menekuni dunia bisnis lalu menemukan banyak pesaing ternyata tidak membuat Yantje Wongso, CEO PT. Biru Semesta Abadi, merasa gentar. Beliau tidak terlalu memikirkan tentang persaingan. Baginya berbisnis bukanlah sebuah kompetisi, melainkan berbisnis adalah tentang fokus pada kesempatan, fokus pada layanan dan fokus pada pasar.

Berikut penjelasannya, Fokus pada kesempatan, hal ini penting sehingga saat kesempatan datang, kita tidak menunda untuk mengambilnya atau bahkan kita kehilangan untuk mengambil kesempatan tersebut. Lalu, fokus pada layanan, ketika kita bisa membuat pelanggan merasa dihormati layaknya seorang raja berarti kita sudah berada dijalur yang benar. Contoh kecilnya adalah ramah terhadap pelanggan sehingga pelanggan merasa senang dan ingin kembali ke kita. Seperti kata pepatah, ‘pelanggan adalah raja’. 

Membuat customer untuk datang kembali ke kita memang susah-susah mudah. Yang terpenting ialah mempunyai produk yang bagus dari segi kualitas serta memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan. Kemudian, fokus terhadap pasar, artinya kita bisa membaca situasi apa yang sedang dinginkan pasar dan apa yang sedang dibutuhkan pasar. Bila kita tidak peka akan hal tersebut, kemungkinan besar kita akan salah dalam mengambil setiap keputusan-keputusan penting. 

 Contohnya adalah harga yang bersaing, bila kita sudah memiliki kualitas yang baik maka tinggal menentukan harga. Karena jika kualitas yang kita punya sudah terjaga dengan baik dan harga yang kita tawarkan tidak memberatkan customer, dengan begitu pelanggan akan memilih produk kita. 

Karena kita menawarkan harga yang murah serta kualitas yang tidak kalah dari para competitor kita. Jadi kita tidak perlu takut dengan banyaknya kompetitor, yang perlu kita lakukan adalah fokus dengan usaha yang kita jalankan agar bisa berkembang, menekuninya dengan sepenuh hati dan mengedepankan pelanggan.

Artikel terkait

Juarai Monitoring Regional Barat, Gerai Villa Mutiara Gading Cont...

Sebagai upaya untuk menjaga kualitas operasional, Franchise Depo Air Minum Biru rutin mengadakan Monitoring terhadap seluruh Gerai Air Minum Biru. Monitoring yang dilaksanakan pada peri...

selengkapnya...

Hore` Limbah Rumah Tangga Jadi Uang

Surabaya – Konsep Hore`daur ulang merupakan upaya mengembangkan Konsep Go Green yang dimiliki Biru. Banyak upaya dilakukan untuk mengurangi sampah plastik, mulai dari gerakan pemilaha...

selengkapnya...

Berawal dari Pengalaman di Negeri Paman Sam

MEMBANGUN MEREK PRODUK MURAH BERKUALITAS – bagian 1 Berawal dari Pengalaman di Negeri Paman Sam Air adalah sumber kehidupan dan menjadi kebutuhan utama setiap orang. Keberadaan air ...

selengkapnya...

Produk yang Didorong Kebutuhan

MEMBANGUN MEREK PRODUK MURAH BERKUALITAS – bagian 3 Produk yang Didorong Kebutuhan Latar belakang berdirinya Depo Air Minum Biru menunjukkan adanya kebutuhan masyarakat akan air min...

selengkapnya...

Raih Top of Mind 4 Kali Berturut-turut

MEMBANGUN MEREK PRODUK MURAH BERKUALITAS – bagian 5 Raih Top of Mind 4 Kali Berturut-turut TOM merupakan parameter suatu brand telah dikenal oleh masyarakat secara luas. Bahwa Depo ...

selengkapnya...

Biru Mengedepankan Kualitas Produk dan Pelayanan Air Minum Bagi M...

Mengedepankan Kualitas Produk dan Pelayanan  Air Minum Bagi Masyarakat Air adalah kebutuhan yang penting bagi sistem tubuh. 90% tubuh merupakan terdiri dari air. Mengatur suhu ...

selengkapnya...

Depo Air Minum Biru Targetkan Buka 60 Outlet

PlasaFranchise.com – Usaha waralaba yang sudah berjalan lebih dari 7 tahun ini telah memiliki 180 outlet. Target di tahun ini Depo Air Minum Biru berencana membuka 50 sampai 60 gerai ...

selengkapnya...

Cari Bisnis Waralaba yang Terbukti Proven? Biru Jawabannya

“Sekali jalan, untung selamanya” Kalimat di atas sekiranya cukup mewakili resume betapa menguntungkannya bergabung bersama Depo Air Minum Biru. Sebagai sebuah bukti, eksistensi Dep...

selengkapnya...

Waralaba Depo Air Minum Biru; Gross Margin-nya 65%

Selain itu, tawaran profit pun menggiurkan. Mitra bisa meraup gross margin sebesar 65%. Wow! Dari margin tersebut, mitra hanya menyisihkan gaji untuk pegawai, royalty fee, dan operasion...

selengkapnya...

Kesempatan, Layanan dan Pasar

PlasaFranchise.com – Menekuni dunia bisnis lalu menemukan banyak pesaing ternyata tidak membuat Yantje Wongso, CEO PT. Biru Semesta Abadi, merasa gentar. Beliau tidak terlalu memikirk...

selengkapnya...

WP Premium, Apakah Itu?

Yogyakarta – Lokasi usaha merupakan salah satu kunci penting dalam menentukan kesuksesan usaha. Memilih lokasi khususnya untuk Depo Air Minum Biru tentu membutuhkan pertimbangan khusu...

selengkapnya...

Aksi Pelayanan Total Gerai Biru Petemon Sidomulyo!

Pembangunan saluran air (gorong-gorong) di depan Depo Air Minum Biru Petemon Sidomulyo (PO) menutup akses transportasi keluar masuk kendaraan bermotor ke gerai.  Meski pelanggan k...

selengkapnya...

Segarnya Laba Air Isi Ulang

Suatu hari, air di restoran milik Yantje Wongso habis karena PDAM di daerahnya mati. Yantje harus mencari solusi untuk mengatasi masalah air ini. Saat melihat toko air minum isi ulang Y...

selengkapnya...

Memulai Waralaba dengan Konsep Matang

Saat ini Depo Air Biru memiliki 275 gerai. Pertumbuhan Franchise Biru cukup konsisten dan meningkat dari waktu ke waktu. Bagaimana waralaba asal Surabaya ini sukses mengembangkan dengan...

selengkapnya...

Biru Berkomitmen Meningkatkan Kompetensi Franchisee

Franchise Biru berkomitmen meningkatkan kompetensi para Franchisee-nya dalam pengelolaan gerai air minum Biru. Salah satunya dengan mengadakan Training Rekrutmen Karyawan Gerai Bi...

selengkapnya...

Manajemen IntiBIRU Belajar Manajemen Perubahan

Surabaya – Jajaran Manajemen Senior IntiBIRU belajar ilmu mutakhir OD, kepanjangan dari Organizational Development, yaitu model manajemen perubahan (change management) terkini dalam m...

selengkapnya...