Biru Mengedepankan Kualitas Produk dan Pelayanan Air Minum Bagi Masyarakat

Inspirasi Biru

28 Juni 2014

Mengedepankan Kualitas Produk dan Pelayanan 

Air Minum Bagi Masyarakat Air adalah kebutuhan yang penting bagi sistem tubuh. 90% tubuh merupakan terdiri dari air. Mengatur suhu tubuh, melembabkan mulut, mata, hidung serta membawa nutrisi dan oksigen adalah salah satu fungsi dari air. Kebutuhan air seseorang berbeda-beda tergantung usia, aktifitas, dan jenis kelamin. Karena peran air yang sangat penting ditubuh kita membuat peluang usaha isi ulang air minum mempunyai prospek yang semakin besar. Berubahnya paradigma masyarakat juga mempengaruhi, yang biasanya memasak sendiri air untuk minum namun sekarang membeli air siap minum kemasan. Kebutuhan masyarakat terhadap air minum isi ulang akan meningkat didaerah-daerah tertentu, misalnya didaerah perkotaan yang padat dan sulit mendapatkan air bersih yang layak untuk digunakan sebagai air minum atau air untuk memasak. Sejak awak didirikan, Depo Air Minum Biru telah didukung oleh teknologi ozonisasi 100% untuk menciptakan air minum yang berkualitas terbaik. Depo Air Minum Biru merupakan depo air minum pertama yang diwaralabakan secara nasional. Kini Depo Biru telah menjadi miniatur pabrikan air minum lengkap dengan fasilitas teknis produksi air minum.

Menjaga Kualitas Terbaik 

Sebagai usaha Waralaba/Franchise, kualitas usaha Depo Biru ditentukan oleh standar usaha yang tertulis dalam buku Panduan Sistem dan Standar Operasional (PSSO) Waralaba Biru. “Hal kualitas Produk dan Pelayanan secara terinci dijelaskan disana, misalkan bagaimana kualitas produk air minum ditentukan berdasarkan persyaratan legal/peraturan pemerintah, kualitas pelayanan berdasarkan panduan ’17 Step Pelayanan Pelanggan’, dan bagaimana menguji kualitas operasional usaha dan bagaimana menguji kualitas operasional usaha melalui sarana monitoring yang diselenggarakan secara nasional setahun dua kali,” ucap Founder dan CEO PT Biru Semesta Abadi Ir Yantje Wongso MBA. “Bagi Depo Air Minum Biru, kepercayaan masyarakat atau pelanggan terhadap kualitas air minumnya adalah suatu hal berharga yang harus dipertahankan. Oleh karena itu, Depo Air Minum Biru senantiasa menjaga kualitas produk dan pelayanan agar seluruh konsumennya tetap memiliki persepsi yang bagus dan kepercayaan yang tinggi,” tutur Yantje. Latar belakang berdirinya Depo Air Minum Biru menunjukkan adanya kebutuhan masyarakat akan air minum yang sehat berkualitas dengan harga yang murah. Dengan demikian, produk Depo Air Minum Biru adalah produk yang dilandasi oleh dorongan kebutuhan masyarakat. Berbicara mengenai mutu, Yantje mengatakan bahwa budaya mutu dimulai dari budaya perusahaan yang dibentuk melalui visi dan misi perusahaan. “Visi Franchise Biru adalah Tumbuh memimpin pasar depo air minum (isi ulang) melalui penerapan prinsip-prinsip bisnis dan kemanusiaan yang benar.” “ untuk menjadi pemimpin pasar, takaran kualitas ditentukan dengan tujuan untuk dapat melayani masyarakat luas untuk air minum sehari-hari. Sebagai contoh, budaya sukses, merupakan salah satu dari tujuh Budaya Biru, mendorong manajemen mencapai kualitas terbaik secara berkesinambungan,” jelasnya. Setidaknya ada 3 kategori kebutuhan yang menjadi pendorong utama Depo Air Minum Biru dalam mengembangkan usahanya. Pertama, air minum sebagai kebutuhan utama masyarakat. Yang kedua, kebutuhan akan standar kualitas yang baik, yang dapat diterima oleh semua kelompok ekonomi masyarakat. Dan yang ketiga, kebutuhan akan harga yang murah untuk produk dengan kualitas yang setara. Ketiga kebutuhan tersebut menjadi sangat penting untuk diperhatikan dan difasilitasi sehingga dapat menciptakan peluang pasar yang sangat besar dan akan senantiasa tumbuh seiring dengan meningkatnya kebutuhan tersebut. Ketiga kebutuhan tersebut bila dicermati adalah kebutuhan yang bersifat jangka panjang dan laten, sehingga akan menjamin kelangsungan dimasa mendatang.

Brand Power 

 Menurut Yantje, kekuatan merek memegang peranan sangat penting, karena itu bisa menjadi jalan pintas bagi kepercayaan dan pengalaman konsumen terhadap produk yang menyandang merek tersebut. “Dapat dibayangkan air minum bila tanpa merek, sangat susah untuk dibedakan antara mana air yang baik dan yang tidak, semua sama warna,” ungkapnya. “Untuk produk air minum bila tidak ada merek, konsumen awam sulit membedakan produk satu dengan lainnya karena fitur produk yang sangat mirip, jernih, tanpa warna, tanpa rasa, dan tanpa bau. Dalam hal ini dikenalkannya merek/brand Biru untuk memudahkan pelanggan mengidentifikasi air minum dari Depo Air Minum Biru sebagai merek mereka,” terang Yantje. Sejak didirikan di Surabaya pada 22 Mei 2002, Depo Air Minum Biru terus tumbuh dengan sangat baik terhitung hingga saat ini per Juli 2014 mencatat 166 gerai dengan penyebaran 61 Surabaya dan sekitarnya, 12 Semarang, 80 Jabodetabek, 12 Bandung dan lainnya tersebar di beberapa kota lain. Salah satu menjadi pemicu pertumbuhan sangat baik tersebut tak bisa dilepaskan dari proses membangun merek yang secara serius dilakukan oleh Yantje.

Jawaban Pasti Untuk Manajemen Perusahaan 

Depo Air Minum Biru telah membuktikan bahwa kualitas yang baik dengan harga yang murah bisa dicapai sekaligus. Harga per botol galon 19 liter adalah Rp. 5000 atau per gelas 250 cc sebanding dengan Rp. 65 . Air Minum Biru sehat untuk langsung diminum dan tidak perlu dimasak lagi. Operasional Depo Air Minum Biru dibuat sesederhana mungkin agar para operator gerainya dapat mengoperasikan-nya dengan mudah dan handal, sehingga pelayanan kepada para konsumen pun terjaga tetap bagus. Untuk memantapkan sistem kendali mutu, Depo Air Minum Biru juga telah bersertifikasi ISO 9001:2008 (manajemen kualitas internasional). “Dari sisi manajemen perusahaan, penerapan ISO 9001:2008 banyak memberikan jawaban yang pasti akan beberapa pilihan cara untuk manajemen kualitas yang baik dan teruji. Misalkan, sebelum mengenal standard ISO, seringkali manajemen dihadapkan pilihan apakah dalam prosedur monitoring gerai lebih baik melakukan kunjungan mendadak ataukah terjadwal. Dan, standar ISO jelas memberikan arahan yang baik adalah kunjungan terjadwla karena mampu memberdayakan pelaksana/operator dalam mempersiapkannya,” jawabnya ramah. 

Era Global MEA 2015 

Dalam menyambut era global Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, Yantje melihatnya sebagai satu tantangan untuk lebih meningkatkan standar usaha untuk menuju standar global. “Pencapaian standar global tentu akan membuka peluang untuk kerjasama dengan pelaku-pelaku usaha dari negara lain. Sertifikasi ISO dalam hal ini mengkomunikasikan kesiapan Franchise Biru dalam menyambut era global di Indonesia,” ungkap Yantje. “Arahan Franchise Biru dalam menyambut era global MEA 2015 adalah menjadi pemain lokal yang sangat menguasai medan usaha di Indonesia, dan mempersiapkan infrastruktur perusahaan untuk mampu bersinergi dengan pengusaha-pengusaha global” tutupnya. (DDT) 

 Sumber: The Quality Magz edisi Juni 2014 – Halaman 63

Artikel terkait

Juarai Monitoring Regional Barat, Gerai Villa Mutiara Gading Cont...

Sebagai upaya untuk menjaga kualitas operasional, Franchise Depo Air Minum Biru rutin mengadakan Monitoring terhadap seluruh Gerai Air Minum Biru. Monitoring yang dilaksanakan pada peri...

selengkapnya...

Hore` Limbah Rumah Tangga Jadi Uang

Surabaya – Konsep Hore`daur ulang merupakan upaya mengembangkan Konsep Go Green yang dimiliki Biru. Banyak upaya dilakukan untuk mengurangi sampah plastik, mulai dari gerakan pemilaha...

selengkapnya...

Berawal dari Pengalaman di Negeri Paman Sam

MEMBANGUN MEREK PRODUK MURAH BERKUALITAS – bagian 1 Berawal dari Pengalaman di Negeri Paman Sam Air adalah sumber kehidupan dan menjadi kebutuhan utama setiap orang. Keberadaan air ...

selengkapnya...

Produk yang Didorong Kebutuhan

MEMBANGUN MEREK PRODUK MURAH BERKUALITAS – bagian 3 Produk yang Didorong Kebutuhan Latar belakang berdirinya Depo Air Minum Biru menunjukkan adanya kebutuhan masyarakat akan air min...

selengkapnya...

Raih Top of Mind 4 Kali Berturut-turut

MEMBANGUN MEREK PRODUK MURAH BERKUALITAS – bagian 5 Raih Top of Mind 4 Kali Berturut-turut TOM merupakan parameter suatu brand telah dikenal oleh masyarakat secara luas. Bahwa Depo ...

selengkapnya...

Biru Mengedepankan Kualitas Produk dan Pelayanan Air Minum Bagi M...

Mengedepankan Kualitas Produk dan Pelayanan  Air Minum Bagi Masyarakat Air adalah kebutuhan yang penting bagi sistem tubuh. 90% tubuh merupakan terdiri dari air. Mengatur suhu ...

selengkapnya...

Depo Air Minum Biru Targetkan Buka 60 Outlet

PlasaFranchise.com – Usaha waralaba yang sudah berjalan lebih dari 7 tahun ini telah memiliki 180 outlet. Target di tahun ini Depo Air Minum Biru berencana membuka 50 sampai 60 gerai ...

selengkapnya...

Cari Bisnis Waralaba yang Terbukti Proven? Biru Jawabannya

“Sekali jalan, untung selamanya” Kalimat di atas sekiranya cukup mewakili resume betapa menguntungkannya bergabung bersama Depo Air Minum Biru. Sebagai sebuah bukti, eksistensi Dep...

selengkapnya...

Waralaba Depo Air Minum Biru; Gross Margin-nya 65%

Selain itu, tawaran profit pun menggiurkan. Mitra bisa meraup gross margin sebesar 65%. Wow! Dari margin tersebut, mitra hanya menyisihkan gaji untuk pegawai, royalty fee, dan operasion...

selengkapnya...

Kesempatan, Layanan dan Pasar

PlasaFranchise.com – Menekuni dunia bisnis lalu menemukan banyak pesaing ternyata tidak membuat Yantje Wongso, CEO PT. Biru Semesta Abadi, merasa gentar. Beliau tidak terlalu memikirk...

selengkapnya...

WP Premium, Apakah Itu?

Yogyakarta – Lokasi usaha merupakan salah satu kunci penting dalam menentukan kesuksesan usaha. Memilih lokasi khususnya untuk Depo Air Minum Biru tentu membutuhkan pertimbangan khusu...

selengkapnya...

Aksi Pelayanan Total Gerai Biru Petemon Sidomulyo!

Pembangunan saluran air (gorong-gorong) di depan Depo Air Minum Biru Petemon Sidomulyo (PO) menutup akses transportasi keluar masuk kendaraan bermotor ke gerai.  Meski pelanggan k...

selengkapnya...

Segarnya Laba Air Isi Ulang

Suatu hari, air di restoran milik Yantje Wongso habis karena PDAM di daerahnya mati. Yantje harus mencari solusi untuk mengatasi masalah air ini. Saat melihat toko air minum isi ulang Y...

selengkapnya...

Memulai Waralaba dengan Konsep Matang

Saat ini Depo Air Biru memiliki 275 gerai. Pertumbuhan Franchise Biru cukup konsisten dan meningkat dari waktu ke waktu. Bagaimana waralaba asal Surabaya ini sukses mengembangkan dengan...

selengkapnya...

Biru Berkomitmen Meningkatkan Kompetensi Franchisee

Franchise Biru berkomitmen meningkatkan kompetensi para Franchisee-nya dalam pengelolaan gerai air minum Biru. Salah satunya dengan mengadakan Training Rekrutmen Karyawan Gerai Bi...

selengkapnya...

Manajemen IntiBIRU Belajar Manajemen Perubahan

Surabaya – Jajaran Manajemen Senior IntiBIRU belajar ilmu mutakhir OD, kepanjangan dari Organizational Development, yaitu model manajemen perubahan (change management) terkini dalam m...

selengkapnya...